Pelatihan Search Engine Optimization, Content Marketing, dan Branding untuk Peningkatan Potensi Balai Ekonomi Desa

Dian Marlina Verawati, Dinar Melani Hutajulu, Novi Erawati

Abstract


Beberapa permasalahan yang dihadapi pengelola Balai Ekonomi Desa (Balkondes) adalah minimnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran yang tepat, belum memiliki kompetensi digital marketing yang mumpuni, sehingga berdampak pada omset yang belum sesuai target. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada pelatihan search engine optimization (SEO), content marketing, dan branding yang diberikan kepada pengelola Balkondes. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, sebagian besar peserta telah memahami informasi strategi pemasaran digital, tutorial pembuatan SEO, Content Marketing, serta Branding. Peserta juga merasa lebih memahami informasi yang disampaikan secara step by step dengan tutorial dibandingkan hanya dengan ceramah. Peserta memutuskan untuk mendiskusikan branding yang menarik untuk diterapkan di Balkondes. Sehingga diharapkan branding ini dapat menjadi daya tarik dan daya jual yang baik. Tim berharap pelatihan yang disampaikan dapat diterapkan untuk memajukan Balkondes sebagai tujuan wisata yang berdaya tarik.  


Full Text:

PDF

References


Anggara, D. (2018). BUMN Berdayakan Desa Lewat Balkondes. Mediaindonesia.Com.

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). Manajemen Ikm: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83.

Makwa, H. (2019). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal di Desa Tanjung Luar Lombok Timur. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 5(2), 108–125. https://doi.org/10.29408/jhm.v5i2.3717

Novitaningtyas, I., Giovanni, A., & Lionora, C. A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan di Kawasan Balkondes Borobudur. Jurnal Pariwisata, 9(1), 28–36. https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12048

Raharjana, D. T., & Putra, H. S. A. (2020). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 140. https://doi.org/10.22146/jnp.60403

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid-19 in Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan), 5(2), 95–106. https://doi.org/10.20473/jiet.v5i2.23614

Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v4i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)