Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19

Ira Dasuki, Umaimah Wahid

Abstract


Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat melakukan kegiatan di rumah dan menjaga jarak sosial (social distancing) sesuai dengan anjuran pemerintah. Hal tersebut telah mengubah pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang dan membuat para pelaku usaha berpikir keras dalam menjalankan usahanya. Pada sisi lain, pandemi membuka kesempatan sebuah brand untuk memenuhi kebutuhan komuniksi pemasarannya dengan menggunakan sosial media Instagram untuk membangun brand awareness seperti yang dilakukan produk Thule. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam membangun Brand Awareness saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, membuat konten di akun bisa digunakan sebagai media komunikasi pemasaran dalam membangun Brand Awareness saat pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1997). Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta: Spektrum.

Atmoko, D, (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution: 26 Kuat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta

Fandy, T., Greforius, C. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi

Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P., Kevin, L.K. (2012). Marketing Management. Jakarta:PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Mulyana, D. (2009). Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakaraya

Primasari, N. S., & Ghofirin, M. (2021). Sosialisasi Kesiapan Masyarakat Menuju Transaksi Digital di Era New Normal Life. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.110

Richard, W, Lynn, H.T. (2017). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika

Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Yogyakarta : ANDI




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)