Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan
Abstract
Kasus yang terjadi pada Asuransi Jiwasraya sangat berdampak khususnya industri pasar modal, PT AK merasakan adanya dampak kurang baik yang melekat pada citra perusahaan, disinilah seorang Public Relations dituntut memiliki keahlian, dan berinovasi dalam menyusun strategi Public Relations. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi Public Relations dalam memulihkan citra perusahaan. Konsep yang digunakan yaitu komunikasi, Public Relations, strategi Public Relations dengan menggunakan Model RACE dari Marston melalui empat fase penelitian, perencanaan dan tindakan, komunikasi, dan evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi partisipan, wawancara mendalam dengan key informan Bapak TA Direktur Utama dan informan pendukung yaitu Bapak WA Direktur Marketing. Teknik analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, displaya, dan verifikasi atau kesimpulan. Untuk kedalaman data digunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi PR yang dilakukan dengan model RACE (dari Marston cukup mendukung penelitian ini namun belum bisa memulihkan citra perusahaan sepenuhnya sehingga diperlukan strategi komunikasi tterintegrasi oleh Public Relations officier PT AK.
Full Text:
PDFReferences
Aldi, M., & Budihardjo, H. S. (2020). Strategi Tim Kreatif Mempertahankan Rating and Share dalam Program Opera van Java di Trans 7. Inter Script: Journal of Creative Communication, 2(2), 1–14.
Alfansyur, A., & Maryani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Ammar, Y. (2020). Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dalam Kasus Gagal Bayar Polis oleh PT. Asuransi Jiwasraya Persero.
Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2018). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak: Journal of Communication, 1(2), 197–208. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.483
Effendy. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosda Karya.
Ferguson, D. P., Ph, D., Wallace, J. D., & Chandler, R. C. (2012). Rehabilitating Your Organization’s Image: Public Relations Professionals’ Perceptions of the Effectiveness and Ethicality of Image Repair Strategies in Crisis. Public Relations Journal, 6(1), 1–19.
Gregory, A. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns A Strategic Approach (Third). Kogan Page Ltd.
Jaelani, E. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Bank “X” Di Bandung. JSMA: Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 25–36. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.46
Laricia, S. (2002). Exhibitions - a Public Relations tool. Bizcommunity.
Liat, C. B., Mansori, S., Chuan, G. C., & Imrie, B. C. (2017). Hotel Service Recovery and Service Quality: Influences of Corporate Image and Generational Differences in the Relationship between Customer Satisfaction and Loyalty. Journal of Global Marketing, 30(1), 42–51. https://doi.org/10.1080/08911762.2016.1262932
Lona Olavia Berita Satu.com. (2021). Penanganan Kasus Jiwasraya Pengaruhi Transaksi di Pasar Modal. Berita Satu.Com.
Mahrani, M. (2020). Marketing Public Relations dalam Membangun Ekuitas Merek Sepeda Motor KTM Berbasis Pelanggan. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(1), 75–84. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.56
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada.
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6
Ruliana, P. (2018). Komunikasi Organisasi:Teori dan studi Kasus. Rajawali, Pers.
Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (Iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4203
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212
Siregar, I. K. (2021). Komunikasi Krisis PT . Jouska Finansial Indonesia dalam Pemulihan Citra Perusahaan. Pustakom 4(1), 1–10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryono, K. E., & Brandon Alfin, R. (2019). Tanggung jawab hukum pt jiwasraya terhadap nasabah. Jurnal Meta Yuridis, 3(2), 47–70.
Sutherland, K., Freberg, K., Driver, C., & Khattab, U. (2020). Public relations and customer service: Employer perspectives of social media proficiency. Public Relations Review, 46(4). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.101954
Wareza, Monica, C. I. (2021). Market - CNBC Indonesia.
Windo Chandra Siahaan. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Perusahan Terbatas OPPO Indonesia dalam Meningkatkan Citra Smartphone OPPO. Jurnal Perspektif, 6(1), 9–10. http://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/articl
Zaid, S., Palilati, A., Madjid, R., & Bua, H. (2021). Impact of Service Recovery, Customer Satisfaction, and Corporate Image on Customer Loyalty. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 961–970. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.961
DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ALAMAT REDAKSI
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/
Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)