Film "10 Tahun Tanpa Etika" sebagai Media Peningkatan Motivasi Belajar di Masa Transisi Pandemi Covid-19

Ririt Yuniar, Diah Fitria Ningrum

Abstract


Menipisnya semangat belajar siswa di masa transisi dari sekolah daring menjadi luring berdampak pada penurunan capaian pembelajaran. Pola belajar online cenderung lebih disepelekan dibandingkan belajar tatap muka. Kurangnya pengawasan orang tua saat belajar daring menjadi salah satu faktor ketidakteraturan penggunaan internet oleh siswa. Pengabdian ini menggunakan metode miexed method di mana siswa diarahkan untuk mengisi kuisioner pre-test dan post-test setelah menonton tayangan film serta melakukan observasi saat kegiatan di lapangan. Tujuan dari pengabdian ini adalah memperkuat nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dasar pendidikan karakter dan meningkatkan kesadaran bersosial media yang dapat berdampak pada masa depan hasil dari jejak digital. Pengabdian ini menghasilkan motivasi siswa untuk belajar lebih tekun dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang terinternalisasi di dalam diri siswa serta lebih hati-hati dalam berkomunikasi di media sosial. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat menjadi gerakan nasional yang massif untuk dapat dilakukan secara berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Ardhani, M. Della, Utaminingsih, I., Ardana, I., & Fitriono, R. A. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Gema Keadilan, 9(2).

Bayu, D. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

file:///C:/Users/Harrison/Downloads/John W. Creswell & J. David Creswell - Research Design_ Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (2018).pdf%0Afile:///C:/Users/Harrison/AppData/Local/Mendeley Ltd./Mendeley Desktop/Downloaded/Creswell, Cr

Fauzia, M. (2022). Kemendikbud Izinkan Sekolah Tatap Muka Kembali 100 Persen, Ini Syaratnya. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/10/15481191/kemendikbud-izinkan-sekolah-tatap-muka-kembali-100-persen-ini-syaratnya

Hendriyanto. (2022). Siap Memasuki Tahun Ajaran Baru, Ini Ketentuan PTM 100%. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/siap-memasuki-tahun-ajaran-baru-ini-ketentuan-ptm-100

Karana, K. P. (2020, June 16). Indonesia: Survei terbaru menunjukkan bagaimana siswa belajar dari rumah . Hampir 9 Dari 10 Responden Mengatakan Mereka Ingin Segera Kembali Ke Sekolah. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-survei-terbaru-menunjukkan-bagaimana-siswa-belajar-dari-rumah

Kasih, A. P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah?page=all

Kemendikbudristek. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Retaduari, E. A. (2022). 2 Maret 2020, Saat Indonesia Pertama Kali Dilanda Covid-19. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/02/10573841/2-maret-2020-saat-indonesia-pertama-kali-dilanda-covid-19

Rosa, M. C. (2022). Penyebab Netizen Indonesia Disebut Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara. https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/26/110500081/penyebab-netizen-indonesia-disebut-paling-tidak-sopan-se-asia-tenggara?page=all

Shidiq, A. F., Santoso, &, & Raharjo, T. (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. Prosiding Pengabdian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176–187.

Suratman, S., & Tarto, T. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 174–182. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.375

Yuniar, R. (2021). Performing Arts Education NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI INSPIRASI SENI KAJIAN PERFORMANCE STUDIES DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI Doc Archive. https://doi.org/10.24821/ijopaed

Yuniar, R., Bintang, M. I. C., Ningrum, D. F., & Ritonga, R. (2022). Penguatan Nilai Nilai Pancasila sebagai Fondasi Etika Berkomunikasi pada Pembelajaran Online. Jurnal Pewarta Indonesia, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.25008/jpi.v4i1.103




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v4i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)