Edukasi Bahasa Inggris Dasar Berbasis Storytelling untuk Mengembangkan Potensi Bahasa Asing pada Siswa Kelas 6 SD Negeri Jragum, Gunung Kidul - Yogyakarta
Abstract
Kehadiran mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum Sekolah Dasar merupakan permasalahan penting di era teknologi saat ini. Bahasa Inggris menjadi kunci komunikasi global. Artikel ini berisi kegiatan penayangan video animasi Bahasa Inggris dasar berbasis storytelling pada siswa kelas 6 SD Negeri Jragum berupa video pengenalan nama-nama hewan dan percakapan dasar dalam Bahasa Inggris dengan metode melihat lalu mempraktikkan agar terbiasa mengucapkan kosakata Bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam mengingat nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris dan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dasar sebagai bagian dari program kerja pengembangan potensi bahasa asing siswa kelas 6 SD Negeri Jragum.
Full Text:
PDFReferences
Adara, R. A., Hartini, T. (2021). Mengembangkan Minat dan Motivasi Berbicara dalam Bahasa Inggris melalui Storytelling. Journal of Empowerment: 2(2), 199-209. https://dx.doi.org/10.35194/je.v2i2.1652
Anisa, P., Elise, M. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Hangtuah Padang. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 216-221.doi:https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1838
Asrul, N., & Rahmawati, R. (2022). Pelatihan Membaca Bahasa Inggris dengan Metode Storytelling bagi Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Medan. Journal of Human and Education (JAHE), 2(1), 43–49. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.39
Brown, S. (2021). Storytelling as an Effective Strategy for Developing Reading and Writing Skills in Children. Language Learning and Development, 13(3), 421-435.
Data Pokok Pendidikan. (2023). SDN Jragum Semanu. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/889D72E45BD77B7AD849, (diakses pada tanggal 09 Oktober 2023)
Devi Maharani Santika, I. D. A., Mahatma Agung, I. G. A., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342–352. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865
Johnson, A. (2019). The Impact of Storytelling on Cognitive and Affective Development in Children. Journal of Child Psychology, 7(2), 24-36.
Kramer, E. (2018). Storytelling as an Educational Tool: Communicating Values to Children. Educational Psychology, 42(3), 289-304.
Lestari, B. (2021). Peningkatan Keterampilan Bercerita dan Menulis Karangan Narasi dengan Memanfaatkan Media Video Animasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Long, D. (2015). Bahasa Sebagai Jembatan Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Miller, R. (2017). Promoting Reading and Writing Interest in Children through Storytelling. Journal of Literacy Education, 9(1), 78-92.
Prihatin, T., Andharsaputri, R. (2021). Pengenalan Bahasa Inggris melalui Media Pembelajaran Animasi Interaktif. JOISIE: Journal of Information Systems And Informatics Engineering. 5. 82-89. 10.35145/joisie.v5i2.1706.
Sigalingging, B, M., Bowo, T, A., & Lubis, D, F. (2023). Pengembangan Kreativitas Bahasa Inggris dan Literasi Digital melalui Program Fun English untuk Peserta Didik Rusunawa Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 4(1), 61-74.
Smith, L. (2020). Fostering Concentration in Children through Storytelling. Child Development, 55(4), 567-580.
Widiyarto, S., Setyowati, L., Mubasyira, M., Rizkiyah, N., Sandiar, L., & Sartono, L. (2023). Efektivitas Story Telling dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 6 Kota Bekasi. Journal on Education, 5(4), 16334-16341. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1396
DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v4i2.106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ALAMAT REDAKSI
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/
Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)