Peningkatan Kapasitas Komunikasi dan Berorganisasi Siswa Melalui Pelatihan Komunikasi dan Manajemen Organisasi

Main Article Content

Puji Rianto
Fani Eka Nurtjahjo

Abstract

Organisasi siswa mempunyai peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan siswa. Kegiatan berorganisasi umumnya dilihat secara positif karena kontribusinya dalam membantu siswa untuk belajar berbagai hal. Kontribusi positif tersebut di antaranya adalah melatih kepemimpinan, kemampuan komunikasi, dan juga meningkatkan prestasi belajar. Meskipun organisasi siswa mempunyai kontribusi positif, tetapi banyak kendala yang dihadapi seperti kemampuan komunikasi, merancang kegiatan dan proposal kegiatan, dan kerja sama dengan pihak lain. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas berorganisasi siswa di SMU Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode pengabdian adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Ada enam materi pelatihan, yakni strategic thinking, planning & organizing, flexibility & adaptability, kepemimpinan dan komunikasi kelompok pemecahan masalah, public speaking & perencanaan program dan penulisan proposal. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian secara subjektif mengenai dampak pelatihan pada peningkatan kemampuan diri siswa terhadap 24 orang peserta, sebanyak 20,8% menjawab pelatihan ini cukup berdampak signifikan pada kemampuan dirinya. Sebanyak 45,8% menjawab signifikan, serta 33,3% menjawab pelatihan ini berdampak sangat signifikan terhadap peningkatan kemampuan dirinya. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum, keseluruhan materi pelatihan ini dirasa membawa dampak positif pada kemampuan diri peserta.

Article Details

Section
Articles

References

Adinugraha, H., Sartika, M., Astuti, S., & Mahmud, M. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 251-257. https://doi.org/10.30653/002.202161.653

Alfayyadh, H. N., Isngari, M., & Arifin, M. B. (2020). Pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) terhadap Kesiapan Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Cendekia, 1(2), 75–85.

Aufa, N. D. N., Aisyah, & Lestari, D. (2023). Relevansi Pelatihan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 171.

Fathurrahmah, S., Rosyid, R., & Aminuyati. (2021). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Mengembangkan Nilai Musyawarah di SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10, 1–8.

Fitriany, R., & Invonesti, S. (2021). Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Dasar Meningkatkan Self-Efficacy. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 12(2), 173–185. https://doi.org/10.24036/rapun.v12i2.

Haq, K. (2016). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Terhadap Kemampuan Komunikasi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3928

Meutia, I. (2016). Pengaruh Kegiatan Anggota Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Di Sma Negeri 10 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 3(1), 65–70. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4570/pdf

Ni’mah Suseno, M. (2009). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Sebagai Pelatih pada Mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 1(1), 93–106.

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Diaying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(01), 102. https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1205

Patunru, S., Jam’an, A., & Madani, M. (2020). Analisis Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar. Competitiveness, 9(2), 151–163.

Wardani, D. S. K. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 1–7. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110710233_3v.pdf