Pelatihan dan Pembuatan Video Public Service Communication untuk Kelompok Sadar Wisata "Selendang Biru Rinjani" Desa Wisata Karang Sidemen di Nusa Tenggara Barat

Yulanda Trisula Sidarta Yohanes, Hartin Nur Khusnia, Muhlis Muhlis

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Pokdarwis Selendang Biru Rinjani dapat mengoptimalkan pelayanan publik melalui teknik komunikasi yang diberikan oleh tim pengabdian, serta pembuatan video bertujuan agar Pokdarwis Selendang Biru Rinjani dapat memberikan pelayanan sesuai dengan tampilan video yang sudah diunggah melalui portal youtube Desa Wisata Karang Sidemen. Lingkup pengabdian ini adalah aktivitas komunikasi pelayanan publik Pokdarwis Selendang Biru Rinjani dan pelaku UMKM, serta pembuatan konten video. Metode yang dilaksanakan adalah pelatihan dan penyusunan konten video komunikasi pelayanan publik. Hasil yang telah dicapai adalah pelatihan yang melibatkan pokdarwis dan pelaku UMKM telah melalui beberapa tahapan. Tahapan perencanaan dalam mendesain materi pelatihan, menyusun praktik komunikasi pelayanan publik. Tahap pelaksanaan dilakukan pelatihan komunikasi pelayanan publik dan pembuatan konten video yang hasilnya dipublikasikan ke youtube Desa karang Sidemen. Tahap evaluasi menggunakan metode program pelatihan. Pelatihan dan pembuatan video ini sangat berarti bagi Pokdawis dan pelaku UMKM karena dapat promosi desa wisata dan data tambahan untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Daulay, L.S., Ginting, R & Saleh, A. (2020). Komunikasi Pariwisata Pihak Pemerintah, Pengelola, dan Masyarakat dalam Mengembangkan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Kota Padangsidimpuan, Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 3 (1).

Effendi, O,U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

KKN-PPM UGM Buayan Menawan. (2021). Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Yogyakarta: UGM

Purwanti, I. (2019). Strategi Kelompok Sadar Wisata dalam Penguatan Desa Wisata. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(3), 101–107. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1792

Rohman, A. (2017). Kepemimpinan Pelayanan Prima di Pedesaan. Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 7(1), 95-105.

Rohyani, I. S., Nursalim, I., & Arminy, N. S. (2019). Pegembangan Potensi Wisata Melalui Optimalisasi Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Arjangka. Abdi Insani,6(3), 332–339. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.254

Saleh, A. M. (2010). Public Service Communication, Praktek Komunikasi dalam Pelayanan Publik. Malang: UMM Press.

Saleh, A. M. (2014). Gambaran Umum Public Service Communication. Retrieved Agustus 6, 2023 from http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/04/gambaran-umum-public-service-communication/

Suranto, A.W. (2019). Perencanaan & Evaluasi Program Komunikasi. Yogyakarta: Pena Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v5i1.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)