Sosialisasi Pembuatan Dan Pengembangan Website Desa Wisata Claket, Kabupaten Mojokerto Menuju Desa Wisata Berdaya Saing Internasional

Main Article Content

Novan Andrianto
Luluk Ulfa Hasanah
Widodo Budi Prasetiyo
Yayan Dwi Cahyono

Abstract

Desa Wisata Claket adalah salah satu desa wisata di Kabupaten Mojokerto yang memiliki potensi alam dan budaya yang menarik. Namun, desa ini belum memiliki website resmi yang dapat memberikan informasi dan promosi tentang desa wisata tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi pembuatan dan pengembangan website desa wisata Claket kepada masyarakat setempat, khususnya para pelaku usaha wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode partisipatif, yaitu melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi website desa wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi pembuatan dan pengembangan website desa wisata Claket dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya website sebagai media informasi dan promosi desa wisata. Selain itu, website desa wisata Claket juga dapat meningkatkan daya saing desa wisata di tingkat nasional maupun internasional. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa sosialisasi pembuatan dan pengembangan website desa wisata Claket merupakan kegiatan yang bermanfaat dan efektif untuk mengembangkan potensi desa wisata Claket.

Kata kunci : Sosialisasi, Website, Desa Wisata

Article Details

Section
Articles

References

ADRI, T. P. Bunga Rampai: Innovation on Cross-Disciplinary for Acceleration Recovery. Narotama University Press.

Aliffianto, A. Y., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Aliffianto, A. Y., & Andrianto, N. (2021). Strategi Komunikasi Pengembangan Wisata Jodipan dan Kampung Topeng Kota Malang. Communicator Sphere, 1(2), 47-51.

Andrianto, N. (2018). Pesan kreatif iklan televisi dalam Bulan Ramadan: Analisis semiotika iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Andrianto, N., & Aliffianto, A. Y. (2020). Brand image among the purchase decision determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Fianto, A. Y. A. (2018a). Antecedents of customer satisfaction for small medium entreprises product in Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(11).

Fianto, A. Y. A. (2018b). Antecedents of Customer Satisfaction for Small Medium Entreprises Product in Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(11), 2691–2702.

Fianto, A. Y. A. (2020a). COMMUNITY-BASED MARINE TOURISM DEVELOPMENT IN EAST JAVA PROVINCE, INDONESIA. ABAC Journal, 40(3), 1–26.

Fianto, A. Y. A. (2020b). Satifaction As Intervening For The Antecedents Of Intention To Revisit: Marine Tourism Context In East Java. Relasi, 16(1), 179–207.

Fianto, A. Y. A. (2020c). The Antecedents of Purchase Decision for Hijab Fashion Products. Manajemen, 12(1), 154–165.

Fianto, A. Y. A., Asiyah, S., & Rinuastuti, B. H. (2020). the Role of Entrepreneurship Education in a Disruptive Age. Jmm Unram - Master of Management Journal, 9(2), 149. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i2.529

Fianto, A. Y. A., & Candraningrat. (2018). The Influence Of Destination Brand Communication And Destination Brand Trust Toward Visitor Loyalty Of Marine Tourism In East Java. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(8), 910–923.

Ikawira, E. Y., & Fianto, A. Y. A. (2014). Penciptaan Buku Ilustrasi Legenda Reog Sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal kepada Anak-Anak. Art Nouveau, 3(1).