Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemasaran Digital Produk UMKM di Desa Bandar Pedada Kabupaten Siak

Main Article Content

nurkhalizah sipahutar
Krisna Riswadani
Habibi
Sri Harfiansyah
Seriel T. Iskandar
Okto Fernando Rose Sihombing
Noor Maulidza
Natasha Andini Putri
Sri Wulandari
Delvi Maysarah
Devani Azahra
Yasir
Akbar Maulana Hafiz

Abstract

Abstrak


Peningkatan perekonomian masyarakat merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan desa. Desa Bandar Pedada yang terletak di Kabupaten Siak mempunyai potensi besar untuk pengembangan perekonomian melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pemasaran digital menjadi tantangan besar yang harus dipikirkan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk UMKM yang mereka miliki. Sasaran dari kegiatan ini adalah pemilik UMKM di desa setempat, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi penyuluhan, diskusi dan pelatihan teknis, yang dimulai dari pemetaan potensi yang ada di Desa Bandar Pedada, kunjungan ke salah satu UMKM yang berpotensi menjadi produk unggulan desa yaitu Tenun Humaira, dan pelatihan kelas digital marketing . Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan peningkatan pengetahuan juga keterampilan masyarakat mengenai strategi pemasaran digital, penggunaan media sosial dan e-commerce .


Kata Kunci: UMKM, pemasaran digital, pemberdayaan masyarakat, pelatihan.

Article Details

Section
Articles