Peningkatan Pemahaman Pengelola UMKM Terhadap Kapasitas Manajemen Keuangan dan Pemasaran Berbasis Digital
Main Article Content
Abstract
UMKM merupakan unit usaha masyarakat yang memiliki peranan yang penting bagi perekonomian negara Indonesia. Salah satunya adalah peranan UMKM pada saat krisis moneter tahun 1998, dimana UMKM dapat membantu menjaga kesejahteraan masyarakat dengan memastikan bahwa aktivitas ekonomi terus berjalan, terutama di daerah pinggiran dan pedesaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pengelola UMKM terhadap Kapasitas Manajemen Keuangan dan Pemasaran Berbasis Digital UJ Mart Utami Jaya Depok. Kelompok usaha UJ. Mart Utami Jaya berlokasi di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Hasil temuan dilapangan menunjukkan perlu peningkatan pemahaman pengelola UMKM terhadap Kapasitas manajemen keuangan dan pemasaran berbasis digital pada UJ Mart Utami Jaya. Perkembangan digitalisasi yang sangat masif memerlukan perubahan pemahaman dan paradigma usaha yang lebih baik, dan terbuka. Walaupun awalnya tidak mudah memberikan pemahaman terhadap perubahan yang sudah seharusnya dilakukan, tetapi dengan pendekatan secara terus menerus, akhirnya Pemilik UJ Mart Utami Jaya dapat menerima perubahan yang diusulkan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi pemanfaatan teknologi dan layanan keuangan, penguatan merek digital dan strategi kemitraan online merupakan investasi dan solusi permasalahan Mitra sasaran yang sejak berdirinya tahun 2007 dan belum melakukan adopsi teknologi. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, sangat membantu kelompok usaha UJ.Mart Utami Jaya untuk meningkatkan kenyamanan belanja dan kemudahan melakukan transaksi sebagai nilai tambah bagi pelanggan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.