Menumbuhkan Calon Wirausaha di Perguruan Tinggi

Zulhawati Zulhawati, Ifah Rofiqoh, Lia Faj’rina Binuril Hidayati

Abstract


Persaingan sumber daya manusia yang semakin ketat memaksa perguruan tinggi mepersiapkan lulusan yang harus memiliki kompetensi hardskill dan softskill. Untuk mengurangi pengangguran, kurang percaya diri, kurang pemahaman aktualisasi keilmuan, dan kendala lain yang dihadapi oleh lulusan perguruan tinggi, salah satu program yang dilaksanakan di UTY adalah memberikan bekal kewirausahaan. Program Pengembangan kewirausahaan (PPK) melalui berbagai tahapan merupakan suatu hubungan mahasiswa, kewirausahaan, dunia usaha dan UTY. Dukungan dan komitmen  pengembangan kewirausahaan di UTY dikembangkan melalui Bidang Kreanopreneur meliputi kreativitas, inovasi dan kewirausahaan dengan memberikan dukungan inkubasi untuk tumbuh dan pembekalan mahasiswa dalam mengimplementasikan dunia usaha dan jiwa wirausaha.


Full Text:

PDF

References


Hermawan, K. (1994). Marketing Plus 2 Jalur Sukses untuk Bisnis, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Jackly, L. (2009). 101 Kunci Sederhana Mengembangkan Bisnis dari Rumah, Yogyakarta: Bookmarks Press.

John, C.M. (2002) The 17 Essential Qualities of a Team Player, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hutagalung, I & Ritonga, R. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi, Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 72-84.

Kasali, R. (2011), Wirausaha Muda Mandiri, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (2012). Re-Code Your Change DNA, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Mansur, Y. (2012). Semua Bisa Jadi Pengusaha, Jakarta: Zikrul Hakim

Nurastuti, W. (2011). Teknologi Perbankan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Ritonga, R & Syahpurta, I. (2019). Citizen Journalism and Public Participation in the Era of NewMedia in Indonesia: From Street to Tweet, Media and Communication, 7(3), 79–90

Ritonga, R., Murwani, E., & Ritonga, S. (2017) Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Daily Kompas Reporter, Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 82-91

Rohkmat. (2012), Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Kalam Press

Zulhawati & Ifah, R. (2014). Manajemen Keuangan dan Etika, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zulhawati d& Ifah, (2016). Penganggaran dan Etika Bisnis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v1i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)