Model Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Pariwisata melalui Kampanye Wonderful Indonesia

Neng Ira Muniroh, Poppy Ruliana, Guntur Freddy Prisanto

Abstract


Pariwisata menjadi andalan utama sumber devisa negara karena Indonesia memiliki aneka ragam jenis pariwisata, misalnya wisata alam, sosial maupun wisata budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Selain menyimpan berjuta pesona wisata alam, Indonesia juga kaya wisata budaya dengan banyaknya peninggalan sejarah serta keanekaragaman seni dan budaya masyarakat lokal yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan banyaknya potensi wisata yang dimiliki menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye public relations dalam meningkatkan citra pariwisata kota tua Jakarta yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui model perencanaan strategi public relations dari Cutlip, Center & Broom yaitu Mengidentifikasikan Masalah, Perencanaan dan Pemograman, Mengambil Tindakan dan Komunikasi kemudian melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tinjauan pustaka dan penelusuran internet secara online untuk memperoleh informasi yang lebih relevan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, strategi kampanye Humas Kemenpar berhasil dalam meningkatkan citra pariwisata Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Christian, L. S. W. (2019). Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.586

Cresswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Jakarta: PT Pustaka Pelajar.

Cutlip, S.M; Center, Allen H; Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Firdaus, F. & Prayogi, L. (2018). Revitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta dengan Alternatif Konsep TOD. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 2(1).

Fitriani, P. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Potensi Obyek Wisata Puncak Ahuawali di desa Ahuawali Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe. NASPA Journal, 42(4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hanif, A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. (2016). Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Hendrarto, D., & Ruliana, P. (2019). Strategi Public Relations Radio Delta FM Dalam Mempertahankan Pendengar Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 4(2).

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Lopes, S. D. F. (2011). Destination image: Origins, Developments and Implications. PASOS. Revista de Turismo y Patrimonio Cultural. https://doi.org/10.25145/j.pasos.2011.09.027

Prasetya, D., & Rani, M. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda, 3(3).

Rosady, R. (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rosady, R. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. RajaGrafindo Persada.

Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal ASPIKOM, 2(4). https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.76

Situmeang, I. V. O. (2012). Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Pariwisata Pulau Komodo (Studi pada kemeterian kebudayaan dan Pariwisata). 9(September).

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dalam Mengefetifatikan Kampanye Komunikasi. Jakarta: PT Simbioisa rekatama Media.

Widayatmoko, & Lianty, Y. (2011). Analisis Empiris Pengaruh Public Realtions terhadap Citra Hero Supermarket. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)