Membentuk Reputasi Ekonomi Kreatif Desa Menari melalui Storytelling Omah Cikal Desa Ngrawan – Jawa Tengah
Abstract
Desa Menari memiliki potensi budaya dan ekonomi kreatif yang terintergrasi dalam tiga konservasi, yaitu konservasi kesenian masyarakat, konservasi dolanan tradisi masa lalu dan konservasi petani peternak. Misinya adalah sesuai dengan konsep Desa Menari (Menebar Harmoni, merajut Inspirasi dan Menuai Memori). Di tahun 2018, Desa Menari dikunjungi 1500 hingga 2000 pengunjung dengan pemasukan Rp 100 juta hingga Rp 260 juta. Namun, kondisi di tahun 2020 mengalami penurunan drastis dalam sektor pariwisata akibat pandemi Covid 19, karena belum bisa menerima kunjungan wisatawan. Padahal untuk menumbuhkan produktivitas masyarakat Desa Menari, mereka menjual hasil ekonomi kreatif di Pasar Rakyat ketika ada kunjungan wisatawan. Pemasaran ekonomi kreatif juga dilakukan di Rest Area Salatiga namun juga masih sepi pengunjung karena rest area baru beroperasi. Selain permasalahan pemasaran, adapula persoalan adopsi teknologi yang masih rendah keterlibatan dengan pengikut akun media social Omah Cikal. Pada dasarnya konten menjadi kunci untuk bisa menarik interaksi dan berkomunikasi secara online. Dengan situasi tatap muka yang dikurangi, maka Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Menari melalui omah cikal tetap bisa mengedukasi dan membentuk reputasi kebudayaan lokal nya dengan cara membangun narasi digital agar jangkauan audiens lebih luas. Reputasi ekonomi kreatif dapat dibentuk menggunakan tutur cerita yang dibangun di“own media”nya di akun media sosial resmi Desa Menari. Maka diperlukan pengabdian kemitraan masyarakat untuk memberikan pelatihan aktivitas Public Relations dengan pendekatan storytelling. Ketrampilan yang diusulkan adalah digitalisasi Desa Menari yang meliputi pengelolaan konten digital dan pembuatan narasi storytelling.
Full Text:
PDFReferences
AS, A. (2017). Astra Kembangkan Desa Wisata Tanon. Swa.Co.Id. https://swa.co.id/swa/csr-corner/astra-kembangkan-desa-wisata-tanon
Bourne, C. (2019). The Public Relations Profession as Discursive Boundary Work. Public Relations Review, May, 101789. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.05.010
Harmoni, A. (2014). Media Richness Theory dan Potensi Website sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan. Gunadarma University Repository, 100.
Indrayani, H., Nurlita, R., & Fitriani, J. D. (2020). Manajemen Strategis Public Relations: Teori dan Praktik Corporate dan Government Public Relations (A. Wikan, Ed.). PR Indonesia.
Indrayani, H., & Satriya, C. Y. (2020). Inovasi Tanggung Jawab Sosial 3.0 Kampung Berseri Astra di Desa Menari.
Isnawati. (2018). Pemberdayaan Ekonomi dalam Harmoni Alam dan Tradisi di Desa Menari. Suaramerdeka.Com. https://www.suaramerdeka.com/news/baca/156137/pemberdayaan-ekonomi-dalam-harmoni-alam-dan-tradisi-di-desa-menari
Kent, M. L. (2015). The Power of Storytelling in Public Relations: Introducing the 20 Master Plots. Public Relations Review, 41(4), 480–489. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.05.011
Kotler, P., Kartajaya, H., & Iwan, Setiawan. (2016). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.
Purnamasari, D., Hidayat, M. N., & Indrayani, H. (2017). Strategi Nation Brand sebagai Promosi Pariwisata Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Widya Komunika, 7(2), 32–49.
Tench, R., & Yeomans, L. (2017). Exploring Public Relations: Global Strategic Communication (Fourth Edi). Pearson Education Limited.
Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2), 130–134. https://doi.org/10.34010/common.v1i2.576
Yananda, M. R., & Salamah, U. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. MaknaInformasi.
Yusuf, F. (2016). Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 7(1), 7–13.
DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ALAMAT REDAKSI
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/
Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)