Optimalisasi Layanan Informasi Terkait Bahaya Gadget pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Anak di usia Sekolah Dasar tidak begitu mengetahui dengan baik mengenai dampak negatif dari gadget. Layanan informasi sangat diperlukan untuk menghindari siswa dari dampak negatif kecanduan gadget. Untuk itu, kegiatan layanan informasi ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 020/XI Koto Lebu, Jambi. Dari kegiatan ini dapat diketahui bahwa dengan adanya layanan informasi ini siswa menjadi lebih tahu mengenai bahaya kecanduan gadget di bidang kesehatan, prestasi akademik dan perkembangan sosial.
Full Text:
PDFReferences
Amanah, S. (2007). Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan, 3(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v3i1.2152
Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.
Bekti, R., Jatipaningrum, M., Kartiko, K., & Suryowati, K. (2018). Peningkatan Potensi Siswa Melalui Pelatihan Test Potensi Akademik (TPA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 98–104. https://doi.org/10.30591/japhb.v1i2.954
Fanani, A. (2010). Ice Breaking dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 67–70. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol6.no11.a1080
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220205
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 3–4.
Nuzuli, A. K. (2021). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815
Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci.com. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887
Rahmat, A. A. & A. (2021). Pengembangan Potensi Diri peserta didik melalui proses pendidikan. Of Elementary Education, 5(1), 1–18.
Ramdani Daden, Sesi, D. (2019). Kemampuan Menulis Surat Permohonan Izin Di Smp Negeri 3 Capkala Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(9). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35094
Rosyi, A. (2014). Fungsi Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling (Rplbk) Berkarakter Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Study Kasus di Madrasah Tsanawiyah Khairul Falah Bungbaruh Kadur Pamekasan).
Saruji, H. (2020). Sekolah Sebagai Instrumen Konstruksi Sosial Di Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 2–9.
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1), 162. https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i2.3123
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan Informasi Dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937
DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v4i1.84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ALAMAT REDAKSI
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/
Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)