Pelatihan dan Pendampingan Marketplace Digital sebagai Sarana Promosi dan Transaksi Online

Meiliyah Ariani, Zulhawati Zulhawati, Dede Farhan Aulawi

Abstract


Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Website marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan pilihan pembayaran. Di sisi lain, toko online tidak membutuhkan perantara, karena mereka langsung ke pembeli di platform independen. Menjual melalui toko online membutuhkan banyak kemandirian. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan marketplace digital sebagai sarana promosi dan transaksi online untuk memberikan wawasan atas pentingnya pemasaran online dengan memanfaatkan marketplace digital guna meningkatkan pemasaran bagi produk-produk UMKM. Pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan juga tim digital Pengiat Ragam Wisata Nusantara (Prawita) Gerakan Nasional Pencinta Pariwita (GENPPARI). Hasil yang didapat pada pelatihan dan pendampingan ini adalah seluruh peserta antusias mengikuti pelatihan yang dilakukan dua tahap. Pertama dilakukan secara online, dan tahap kedua berupa praktikum secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan 6- 0 peserta.

 


Full Text:

PDF

References


Abraham, W. (2020). Sejarah Awal Berdirinya Marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli Dan Jdid, Teknologi.Id. https://Teknologi.Id/Os/Sejarah-Awal-Berdirinya-Marketplace-Tokopedia-Shopee-Bukalapak-Lazada-Blibli-Dan-Jdid

Artaya, I.P. & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk bagi UMKM di Jawa Timur. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama, Hal.1-10.

Databoks. (2022). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia, diakses tanggal 13 Oktober 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Feriawan, H. (2019). Kehadiran Marketplace Berikan Manfaat Besar bagi UMKM, Berita Satu (12 November 2019), Https://Www.Beritasatu.Com/Digital/584810/Kehadiran-Marketplace-Berikan-Manfaat-Besar-Bagi-Umkm#!.

Ilham, M. (2019). Apa itu Marketplace? Pengertian, Jenis, Dan Contohnya, Niagahisterblog. Https://Www.Niagahoster.Co.Id/Blog/Marketplace-Adalah/

Pahlevi. (2017). Pengertian Marketplace dan Jenis-Jenis Marketplace. https://Www.Pahlevi.Net/Pengertian-Marketplace/

Puspita, I. (2019). E-Commerce untuk UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kementerian Keuangan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. https://Bppk.Kemenkeu.Go.Id/Content/Berita/Pusdiklat-Keuangan-Umum-Ecommerce-Untuk-Umkm-Dan-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-2019-11-05-Ebe6e220/

Setiawan, B. (2018). Edukasi E-Commerce pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri. 2(2), 106-110.

Suryanto, T. (2018) Penerapan E-Marketplace Pada Distro Silver Squad. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.Hal.159-164.




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v3i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)