Kampanye Diet Plastik dalam Membentuk Persepsi Anak-anak Komunitas Go English di Bantaran Kali Code Yogyakarta

Main Article Content

Erfina Nurussa'adah
Theopilus Bayu Sasongko
Devi Wening Astari

Abstract

Anak-anak komunitas Go English merupakan warga bantaran Kali Code yang setiap hari melakukan banyak aktivitas di sekitar Kali Code, Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi yaitu persepsi anak-anak bantaran Kali Code mengenai penggunakan plastik sekali pakai masih belum cukup baik untuk membuat anak-anak mengurangi penggunakan plastik sekali pakai, membuang sampah plastik pada tempat sampah, serta belum adanya pemahaman mengenai pemisahan sampah palstik dan nonplastik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mendorong perubahan perilaku dengan penanaman persepsi untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan plastik sekali pakai secara berlebihan, dan peningkatan kreatifitas. Kampanye diet plastik menggunakan teori perencanaan kampanye public relations yang dijabarkan oleh Allan Center, Scott Cutlip, dan Gleen Broom (2006), yang terdiri dari empat langkah yaitu mendefinisikan masalah, perencanaan program, bertindak atau berkomunikasi dan evaluasi program. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu melakukan kampanye Stop Buang Sampah Sembarangan, Pengurangan Penggunaan Plastik, Pemilihan dan Daur Ulang yang dikemas dengan bentuk kegiatan sosialisasi bahaya sampah plastik, pemasangan poster, pengadaan tempat sampah organik dan non-organik, pembagian tools pengganti plastik (goodie bag, sedotan stainless, dan tumbler) serta membuat kerajinan dari bahan daur ulang plastik.

Article Details

Section
Articles

References

Budiharto. (2013). Pengantar ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Penerbit Buku Kedokteran Egc.

Cutlip, M Scoot. Center, H Allen. & Broom, M. G. (2006). Effective Public Relations. Kencana Prenada Media Group.

Herijulianti E., Indriani T.S., dan Artini, S. (2001). Pendidikan Kesehatan gigi. Buku Kedokteran EGC. P. 98.

Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. (2016). Gerakan Nasional Revolusi Mental: Pelatihan Pemimpin Agama Pelopor Perubahan. Kemenko PMK.

Kotler, P. & G. A. (2012). Principles of Marketing 14th ed. In 14. Pearson Education.

Liputan6.com. (2021). Indonesia Produksi Limbah Plastik 66 Juta Ton per Tahun, Apa Solusinya? Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4706371/indonesia-produksi-limbah-plastik-66-juta-ton-per-tahun-apa-solusinya

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT Rosdakarya.