Model Pelatihan Rekognisi dan Improvement Merek

Daniel Susilo, Teguh Dwi Putranto, Ashri Esy Fatria

Abstract


Memahami keinginan konsumen adalah sebuah langkah bagi setiap merek untuk dapat bertahan di tengah persaingan pasar. Perkembangan produk di tengah era disrupsi teknologi yang cepat akibat pandemi menekankan adanya customer understanding. Hal tersebut menuntut adanya pemahaman konsep tersebut dalam melakukan inovasi untuk terus melihat, mendengar, dan merasakan emosi dari konsumen. Inovasi tersebut diharapkan menjadi pendorong dunia usaha yang terus menciptakan inovasi demi memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumen. Rekognisi diharapkan dapat mendorong merek untuk selalu relevan dengan adanya perubahan yang ada. Pelatihan ini berfokus pada model pelatihan rekognisi dan improvement merek. Metode pelaksanaan dalam pelatihan ini adalah pelatihan online dengan menggunakan aplikasi zoom. Melalui pelatihan tersebut diperoleh pengetahuan bahwa telah muncul beragam tantangan baru dalam melakukan transaksi secara digital. Dengan adanya tantangan baru (disrupsi teknologi) maka diperlukan pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi yang efektif.


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Sekarasih, L. (2020). Efek Pengungkapan Pos Berbayar di Instagram terhadap Intensi Membeli dan Preferensi Produk. Jurnal Psikologi Sosial, 18(1), 17–29.

De Vries, L., Gensler, S., & Leeflang, P. (2012). Popularity of brand posts on brand fan pages: An investigation of the effects of social media marketing. Journal of Interactive Marketing, 26(2), 83–91.

Dehghani, M., Niaki, M. K., Ramezani, I., & Sali, R. (2016). Evaluating the influence of YouTube advertising for attraction of young customers. Computers in Human Behavior, 59, 165–172.

Johansson, J., & Ronkainen, I. (2005). The esteem of global brands. Journal of Brand Management, 12(5), 339–354.

Kenton, W. (2022). What Is Brand Recognition? Why It’s Important and Benefits. https://www.investopedia.com/terms/b/brand-recognition.asp

Kim, M. Y., Moon, S., & Iacobucci, D. (2019). The Influence of Global Brand Distribution on Brand Popularity on Social Media. Journal of International Marketing, 27(4), 22–38. https://doi.org/10.1177/1069031X19863307

Kitchen, P. J., & Tourky, M. E. (2021). Integrated Marketing Communications: A Global Brand-Driven Approach.

Kolbl, Ž., Arslanagic-Kalajdzic, M., & Diamantopoulos, A. (2019). Stereotyping global brands: is warmth more important than competence? Journal of Business Research, 104, 614–621.

McNally, D., & Speak, K. (2002). Be your own brand: A breakthrough formula for standing out from the crowd. Berrett-Koehler San Francisco, CA.

Morel, M. (2003). Promote Your Business. NSW, Australia: Allen & Unwin.

Octaviana, V., & Susilo, D. (2021). Impact of@ RaikuBeauty instagram campaign content on brand image. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 270–284.

Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Post, K. (2005). Brain Tattoos: Creating Unique Brands that Stick in Your Customers’ Minds. NY: Amacom.

Sanjaya, S. (2017). Pengaruh promosi dan merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2).

Steenkamp, J.-B. (2017a). Global Brand Strategy: World-wise Marketing in the Age og Branding. In Springer Nature (Vol. 1). Macmillan Publishers Ltd.

Steenkamp, J.-B. (2017b). Global Brand Strategy: World-wise Marketing in the Age og Branding. In Springer Nature (Vol. 1). Macmillan Publishers Ltd.

Sudarso, A., Kurniullah, A. Z., Halim, F., Purba, P., Dewi, I. K., Simarmata, H. M. P., Purba, B., Sipayung, R., Sudirman, A., & Manullang, S. O. (2020). Manajemen Merek. Yayasan Kita Menulis.

Sudarwati, Y., & Satya, V. (2013). Strategi pengembangan merek usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), 89–101.

Susilo, D. (2022). Teori Komunikasi: Kajian Interdispliner dalam Kajian Publik dan Kajian Media. Indomedia Pustaka.

Talay, M. B., Townsend, J. D., & Yeniyurt, S. (2015). Global brand architecture position and market-based performance: The moderating role of culture. Journal of International Marketing, 23(2), 55–72.

Thimothy, S. (2021). What is the Difference Between Brand Awareness and Brand Recognition? https://www.forbes.com/sites/theyec/2021/12/28/what-is-the-difference-between-brand-awareness-and-brand-recognition/?sh=6f6c97e2e3d1

Vaziri, M., Llonch-Andreu, J., & López-Belbeze, P. (2021). Brand clarity of local and global brands in fast-moving consumer goods: an empirical study in a Middle East country. Journal of Islamic Marketing, 14(1), 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2020-0018

Wijaya, B. (2020). Branderpreneurship: Kewirausahaan Berbasis Pengembangan Merek. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 205–212.




DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v3i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.









Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



ALAMAT REDAKSI

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)